Tuesday, March 16, 2010

LUKA


”Sakit adalah jalan untuk menemukan pemahaman siapa diri kita dan siapakah sahabat di sekitar kita”
- La Tahzan for Teens –


Mendengar kata luka, pikiran kita tak akan jauh-jauh dari kata sakit, perih, darah (mungkin), hancur, dsb. Dan untuk mengobatinya, kita tak perlu pusing yang berlebihan untuk menyembuhkan luka tersebut karena banyak rumah sakit atau apotek di sekitar kita. Namun, bagaimana bila luka tersebut adalah luka hati....???

Luka hati bahkan tak berdarah dan tak terlihat seperti apa, didukung dengan tak adanya rumah sakit yang bisa menyembuhkannya atau apotek yang menyediakan obatnya. Lalu bagaimanakah kiranya menyembuhkan luka hati?

Pada dasarnya penyembuhan luka satu dengan yang lainnya tak jauh berbeda, jadi luka hati pun bisa disembuhkan seperti luka gores. Bila terjadi luka gores, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan agar luka itu bersih, bisa memakai alkohol yang perih, revanol, atau air putih yang dingin. Begitu pula jika terjadi luka hati, maka kita pun harus memastikannya agar luka tersebut bersih dari prasangka atau pengaruh kotor dari luar dengan cara mengkomunikasikan apa yang tengah mengganjal dan membuat sakit. Bisa saja hasil komunikasi tersebut berakibat sangat perih pada hati kita seperti layaknya efek yang ditimbulkan oleh alkohol atau plong dan dingin seperti efek yang ditimbulkan oleh air putih.

Setelah luka benar-benar bersih, luka harus segera diobati untuk meminimalisir rasa sakitnya. Untuk luka gores, luka bisa diberi betadin yang sedikit perih namun bisa cepat mengering atau luka bisa diberi semacam Hansaplast agar tidak terbentur namun memerlukan waktu kering agak lama. Tidak jauh beda dengan luka hati, luka jenis ini pun harus segera diobati jika ingin meminimalisir rasa sakitnya. Mencari kegiatan lain di luar hal yang biasa kita lakukan untuk meminimalisir apa yang membuat hati ini sakit akan sangat membantu proses penyembuhan luka jenis ini dengan cepat. Bisa juga layaknya hansaplast, dengan mencari pengganti hal yang melukai hati atau pergi jauh, namun proses ini tidak bisa menyembuhkan luka jenis ini dengan cepat.

Apapun jenis luka tersebut, tak ada luka yang benar-benar bisa disembuhkan seperti semula. Yang ada hanyalah dipulihkan dan dijaga agar tidak terdapat luka di bagian yang sama untuk waktu ke depannya.

No comments:

Post a Comment